tholearisbudianto.blogspot.com

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi yang lain..


INOVASI PENDIDIKAN

Disusun untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Matakuliah
Ilmu Pendidikan
Semester III









Disusun Oleh
1.      ARIS BUDIANTO
2.      NAFI’UL BADRIYAH
3.      NURUL FITRIANINGSIH


Dosen Pengampu
SYAMSUDIN, S.Pd.M.Pd.I


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM SUNAN GIRI PONOROGO
2011

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufiq serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan salah satu tugas matakuliah Ilmu Pendidikan yang berjudul : “Inovasi Pendidikan tepat pada waktunya. Diharapkan setelah membaca makalah ini kita dapat mempelajari dan memahami tentang pengertian inovasi pendidikan, serta berbagai masalah yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan serta upaya dalam pelaksanaan inovasi pendidikan.
Akhirnya, penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini jauh dari kesempurnaan. Maka saran dan kritik yang membangun selalu kami nantikan demi sempurnanya penyusunan makalah kami selanjutnya.

                                                                          Januari 2011

                                                                              Penulis








DAFTAR ISI

Halaman Judul ............................................................................................        i
Kata Pengantar ............................................................................................        ii
Daftar Isi .....................................................................................................        iii
BAB I PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang .....................................................................................        1
B.       Rumusan Masalah ................................................................................        1
C.       Tujuan Pembahasan ..............................................................................        1
BAB II PEMBAHASAN
A.      Pengertian Inovasi Pendidikan ............................................................        2
B.       Masalah-Masalah yang Menuntut Diadakan Inovasi Pendidikan.........        3
C.       Berbagai Upaya Pelaksanaan Inovasi Pendidikan ...............................        4
BAB III PENUTUP
A.     Kesimpulan ..........................................................................................        6
B.      Saran ....................................................................................................        6
DAFTAR PUSTAKA  ...............................................................................        7


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang.
Dalam kondisi zaman sekarang, yaitu zaman era globalisasi, ilmu pengetahuan makin lama makin maju. Tidak mungkin dalam menuntut suatu ilmu pengetahuan, sementara kualitas pendidikan masih dalam keadaan stabil bahkan menurun. Begitu pula tidak seimbangnya antara laju pertambahan penduduk di suatu negara dengan pemerolehan pendidikan yang layak di suatu lembaga pendidikan. Ditambah bagaimana seorang rakyat yang tidak mampu memerlukan dana untuk mendapatkan pendidikan yang layak guna menyeimbangkan dengan zaman era globalisasi agar tidak berakibat fatal dan ketinggalan. Bagaimana mungkin seseorang ingin menggapai cita-cita yang tinggi di masa depan sementara pendidikan yang ia peroleh di masa lalu tidak sesuai dengan yang dipersiapkan. Maka dari itu dipandang perlu untuk melaksanakan inovasi pendidikan.

B.     Rumusan Masalah
a.       Apa definisi dari inovasi pendidikan ?
b.      Apakah masalah-masalah yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan?
c.       Apakah upaya yang dilakukan dalam melaksanakan inovasi pendidikan ?

C.    Tujuan Pembahasan
a.       Mengetahui pengertian dari inovasi pendidikan ?
b.      Mengetahui masalah yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan?
c.       Menyebutkan upaya dalam melaksanakan inovasi pendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Inovasi Pendidikan
Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Inovasi kadang pula diartikan sebagai penemuan, namun berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti discovery atau invention (invensi). Discovery mempunyai makna penemuan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu telah ada sebelumnya, tetapi belum diketahui. Sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru sebagai hasil kegiatan manusia.
Dengan demikian, terdapat 3 hal yang dapat mewujudkan perubahan yaitu, Inovasi : memperkenalkan hal yang baru, Discovery : penemuan sesuatu yang sebenarnya telah ada sebelumnya, Invention : menciptakan sesuatu yang baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Ketiga hal tersebut dapat melengkapi makna dari inovasi, karena inovasi dapat diartikan pula sebagai penemuan yang mana dalam inovasi tercakup discovery dan invensi.
Inovasi di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dapat diartikan pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru. Arti yang kedua, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode atau alat). Inovasi dapat dilakukan diberbagai bidang, ekonomi, politik, teknologi, pendidikan, dan masih banyak lagi. Inovasi dilakukan bukan semata-mata untuk trend atau iseng, namun inovasi dilakukan pastilah memiliki tujuan, dan tujuan tersebut ialah untuk tercapainya suatu perubahan mengarah kepada yang lebih baik.
Sedangkan maksud pengertian inovasi pendidikan di sini ialah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu dalam pendidikan. Dengan kata lain, suatu perubahan yang baru yang menuju ke arah perbaikan atau berbeda dari yang ada sebelumnya.
Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa novasi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan. Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati berbagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memecahkan masalah pendidikan.
Demikian pula Ansyar, Nurtain (1991) mengemukakan inovasi adalah gagasan, perbuatan atau sesuatu yang baru dalam konteks sosial tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
Sebagai pendidik, kita harus mengetahui dan dapat menerapkan inovasi-inovasi agar dapat mengembangkan proses pembelajaran yang kondusif sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Kemajuan suatu lembaga pendidikan sangat berpengaruh pada outputnya sehingga akan muncul pengakuan yang rill dari siswa, orang tua dan masyarakat. Namun sekolah/ lembaga pendidikan tidak akan meraih suatu pengakuan rill apabila warga sekolah tidak melakukan suatu inovasi di dalamnya dengan latar belakang kekuatan, kelemahan tantangan dan hambatan yang ada.

B.     Masalah-Masalah yang Menuntut Diadakan Inovasi Pendidikan
Terdapat masalah-masalah yang menuntut diadakan inovasi pendidikan di Indonesia, yaitu :
  1. Perkembangan ilmu pengetahuan menghasilkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan bangsa Indonesia. Sistem pendidikan yang dimiliki dan dilaksanakan di Indonesia belum mampu mengikuti dan mengendalikan kemajuan-kemajuan tersebut sehingga dunia pendidikan belum dapat menghasilkan tenaga-tenaga pembangunan yang terampil, kreatif, dan aktif sesuai dengan tuntutan dan keinginan masyarakat.
  2. Laju eksplosi penduduk yang cukup pesat, yang menyebabkan daya tampung, ruang dan fasilitas pendidikan yang sangat tidak seimbang.
  3. Melonjaknya aspirasi (harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang) dan animo (hasrat dan keinginan yang kuat) masyarakat untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik, sedangkan di satu sisi kesempatan itu sangat terbatas sehingga terjadilah kompetensi atau persaingan yang sangat ketat. Berkenaan dengan ini pula sekarang bermunculanlah sekolah-sekolah favorit, plus, bahkan unggulan.
  4. Mutu pendidikan yang dirasakan makin menurun, yang belum mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Kurang adanya relevansi (kesesuaian) antara pendidikan dan kebutuhan masyarakat yang sedang membangun.
f.       Belum mekarnya alat organisasi yang efektif, serta belum tumbuhnya suasana yang subur dalam masyarakat untuk mengadakan perubahan-perubahan yang dituntut oleh keadaan sekarang dan yang akan datang.

C.    Berbagai Upaya Pelaksanaan Inovasi Pendidikan
Ada banyak beberapa upaya pemerintah bagaimana pelaksanaan inovasi pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah Sistem PAMONG (Pendidikan Anak oleh Masyarakat Orang Tua dan Guru) dan telah dipergunakan sejak kegiatan pencarian alternatif atau pelengkap bagi pendidikan dasar pada umumnya, proyek ini berawal dari proyek kerjasama antara BP3K Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SEAMEO Regional “Innotech Centre” (Innovation and Educational Technology) pada tahun 1974-1979.
Lokasi proyek ini terletak di Solo, Jawa Tengah. Pada dasarnya system ini mengetengahkan peranan baru bagi guru dari pengajaran di muka kelas menjadi pengelola kegiatan belajar. Sebagai pengelola ia harus dapat meningkatkan kemampuannya,sehingga tidak lagi terbatas pada jumlah 40 orang murid yang di hadapi seperti lazimnya, tetapi diharapkan mampu mengelola antara 80-100 orang. Murid-murid belajar sendiri dengan menggunakan modul yaitu suatu satuan pengajaran yang tercetak, dimana pelajaran telah tersusun dan terprogram sedemikian rupa meliputi tujuan pengajaran, informasi bahan, latihan dan riset, serta kegiatan praktikum, tes, serta ujian. Sehingga modul itu “ dapat mengajar sendiri” Dengan demikian guru dapat mengalihkan kegiatan mengajar menjadi supervisi dan memberikan konsultasi kepada murid-murid.
Salah satu prinsip system SD PAMONG adalah bahwa belajar dapat berlangsung diberbagai tempat, artinya sistem SD PAMONG berusaha untuk mengubah pandangan bahwa belajar hanya dapat terjadi di dalam gedung sekolah dan bahwa jika anak putus sekolah juga berarti putus belajar. Dengan demikian sistem SD PAMONG di samping merupakan usaha serta kegiatan lain untuk meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, juga berusaha menciptakan wadah dan kesempatan bagi anak yang karena satu dan lain hal terpaksa tidak dapat belajar di sekolah biasa.
Upaya pelaksanaan inovasi pendidikan lainnya adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tujuan proyek KKN adalah melengkapi para mahasiswa dengan pengalaman praktis tentang kebutuhan dan masalah pembangunan masyarakat pedesaan, serta penyediaan tenaga kerja terdidik untuk pembangunan di 58.000 desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Rencana tersebut dimulai tahun 1971 atau 1972 oleh 3 universitas yang merintis melaksanakan proyek tersebut. Menurut rencana tahun 1975 atau 1976 sebanyak 28 Lembaga Pendidikan Tinggi sudah bergiat dengan KKN dan selanjutnya seluruh mahasiswa di tingkat terakhir kurang lebih sebanyak 23.000 orang setahunnya akan terlibat kegiatan KKN. Jelas bahwa KKN akan menyediakan tenaga-tenaga akademik yang terampil, berpengalaman langsung secara praktis tentang kebutuhan dan masalah pembangunan masyarakat pedesaan dan bukan sekedar berpengetahuan teori dari bangku kuliah saja.
Selain pelaksanaan inovasi pendidikan melalui dua hal tersebut, juga terdapat pelaksanaannya melalui SMP Terbuka, Radio pendidikan, Televisi Pendidikan dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pengertian inovasi pendidikan ialah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu dalam pendidikan.
Masalah-masalah yang menuntut diadakannya inovasi pendidikan adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, lajunya pertambahan penduduk, meningkatnya animo masarakat untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik, menurunnya kualitas pendidikan, serta belum mekarnya alat organisasi yang efektif.
Berbagai upaya pelaksanaan inovasi pendidikan yang telah dilakukan oleh pemerintah di Indonesia diantaranya sistem Pamong, Kuliah Kerja Nyata, SMP terbuka, Radio Pendidikan, Televisi Pendidikan dan lain-lain.

B.     Saran
Demikianlah makalah yang kami berisikan tentang Inovasi Pendidikan. Makalah inipun tak luput dari kesalahan dan kekurangan. Adapun kiranya terdapat kritik, saran maupun teguran digunakan sebagai penunjang pada makalah ini. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.










DAFTAR PUSTAKA

Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006.
Isjoni, Drs.H. Saatnya Pendidikan Kita Bangkit. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Ihsan, Fuad Drs. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.
http://www.anakciremai.com//inovasi pendidikan diakses tanggal 31 Desember 2010.
Guruw. Diakses dari http://guruw.wordpress.com/2008/12/20/inovasi-pendidikan/ pada tanggal 31 Desember 2010.




0 komentar:

Posting Komentar

TEGALSARI - PONOROGO

SELAMAT DATANG DI BLOG tholearisbudianto.blogspot.com
Smart PageRank button
Smart PageRank button

Selamat Datang

Ahlan wa Sahlan bi Khudhurikum..

Footer

jam on line

Powered By Blogger
Aris Budianto. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto saya
Hari ini adalah realita yang harus dihadapi, kemarin adalah pelajaran, dan besok adalah masa depan.

Followers